Translate

Jumat, 22 Juli 2016

Pesona Gili Trawangan #CatatanPart3

Gili Trawangan taken by arief_samira

“Pulau yang  indah bersih pantainya, ga ada polusi dan polisi”.. begitulah penggalan lirik lagu gili trawangan yang dinyanyikan oleh Richard d’gilis. Memang kepopuleran pulau yang satu ini sudah sampai mancanegara. Bahkan orang luar negeri banyak yang tahu gili trawangan tetapi tidak tahu indonesia, entah mungkin seperti halnya orang asing banyak mengenal bali tanpa mengetahui Indonesia. Pulau surga, ya begitulah banyak orang menyebutnya. Slogan “no dog no cars no worry” pun muncul entah siapa yang pertama memberi julukan hal tersebut. Memang dari penggalan kalimat diatas sesuai dengan keadaan di gili trawangan. Bukan saya melebih-lebihkan tetapi memang pesona pulau yang satu ini membuat saya ingin selalu kembali setiap tahunnya.
Berawal dari pengalaman pertama kali saya diperkenalkan pulau Lombok oleh sahabat saya si ayiep sang pecinta fotografi pada 2011. Jujur saya saat itu sama sekali belum mengetahui banyak hal tentang gili trawangan dan Lombok. Saat itu pertama kali saya ke gili trawangan dan sangat terkejut seakan saya berada di pulau orang asing. Bagaimana tidak, hampir semua yang saya lihat rata-rata adalah bule/orang asing. saat itu masih jarang wisatawan lokal yang ke gili trawangan, hanya ada sedikit warga lokal yang berada disanana entah itu sebagai tour guide atau sebagai pedagang.
welcome to gili trawangan
oke, karena edisi kali ini khusus membahas gili trawangan maka kita akan kesampingkan dulu pulau lombok karena edisi pulau lombok nanti kita bahas lain kesempatan hehe. Gili trawangan, menurut informasi yang saya dapatkan dari teman saya, gili itu berasal dari bahasa sasak (bahasa asli orang sasak lombok) yang berarti pecahan pulau/pulau kecil dan trawangan sendiri adalah nama pulaunya. gili trawangan sendiri sebenarnya posisinya cukup unik karena berjejer dua pulau indah lainnya yaitu gili meno dan gili air, akan tetapi pulau trawangan/gili trawangan inilah yang paling ramai wisatawannya. bukan berarti gili meno dan gili air tidak ramai, akan tetapi lebih kalah ramai apabila dibandingkan dengan gili trawangan. 
Pesona gili trawangan yang saya bikin kagum adalah di gili yang satu ini kita tidak akan pernah menjumpai kendaraan satupun karena di gili trawangan hanya ada sepeda dan cidomo. cidomo adalah kendaraan sejenis dokar tetapi yang membedakan dengan dokar adalah cidomo ini menggunakan roda mobil. berikut penampakannya :
Cidomo

untuk harga sewa untuk sepeda sendiri dipatok harga sekitar 25k dan untuk naik cidomo sekali keliling gili trawangan mulai harga 150k yang penting pintar-pintar nawar aja dah. Mau bermalam di gili trawangan?sepertinya memang harus deh kalau ke gili trawangan. karena kalau ke gili trawangan tanpa bermalam rasanya seperti makan pecel tanpa peyek, bisa menikmati tapi masih mengganjal karna ada yang kurang haha
oke untuk penginapan sendiri tergantung dari budget temen2 aja, bagi yang banyak duit bisa menginap di penginapan berbintang disana seperti the gili trawangan,villa ombak,aston sunset beach, les villas,dll. tapi bagi yang suka backpaker an irit2 enjoy kayak saya banyak juga homestay yang menawarkan harga miring buat para backpacker, yang pasti asal bisa nawar aja coy hehe pokoknya mulai 100k an sampai jutaan ada kok. Buat yang ga bawa duit cash, tenang aja disana ada ATM center kok jadi woles ga usah takut kehabisan duit hehe
mau makan juga ga usah bingung, disana ada warung-warung sampai restoran mahal.. suka suka dahh mau pilih yang mana dan yang pasti kalau suka seafood fresh semua ikannya hhehe.. oh iyaaa kalau makan jangan lewatkan makan di central gili trawangan. setau saya tempat ini buka mulai sore sampai malam. beragam masakan ada disana mulai dari ikan-ikan, daging, dan banyak yang lainnya. 
sama sama reggae bar
punya temen suka dugem ajep2 atau suka live musik reggae an? tenang aja heb, disana banyak hiburan malam mulai yg outdoor dan indoor kok dan tentunya live sama bule2 coy dipinggir pantai kalau yang outdoor haha. bagi yang anak reggae kayak saya, bisa nongkrong aja di sama sama reggae bar. musisi reggae lokal sampai nasional juga banyak yang sering manggung disana seperti richard (ex steven and the coconut treez), s2b, joe mellow mood, amtenar, dll pokoknya uye sama2 dah. dan aku sangat merekomendasikan temen2 yang ke gili trawangan buat setidaknya nongkrong sebentar di sama sama reggae bar ini karena bar ini sangat terkenal dan legendaris sampai dibuatin lagu oleh band s2b berjudul "sama sama reggae".
Sama sama Reggae Bar 2011















Jadi, tunggu apa lagi coy.. siapkan waktumu buat berlibur ke gili trawangan. Jangan lupa juga ajak orang terkasih kalian. kerja boleh tp jangan lupa juga waktu buat orang terkasih.. 

Mau main kano? ada kok


Nhotis and koko

so,keep Work,love and traveling.
cek and follow IG juga jangan lupa:arief_samira arwany_muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar