Translate

Rabu, 05 September 2018

Era Digital Era Kemajuan dan Kemudahan #BukaInspirasi

Halo kawan, lama ga nulis di blog nih
Oh iya, Sejak awal membuka akun blogger mungkin baru kali ini aku akan sedikit berbagi pengalaman dan analisis pribadi mengenai Era Digital Era Kemajuan dan Kemudahan. Kebetulan googling dan lagi ada lomba dari Bukalapak. Yaudah ikut aja itung-itung hidupin lagi blog ku sekaligus berbagi pengalaman hehe
Entah aku harus mulai dari mana tapi aku akan coba ceritakan bagaimana pengalamanku yang mungkin bisa membuka pikiran kalian semua tentang era digital ini.
Dimulai 2016 petengahan, kebetulan aku bekerja di sebuah perusahaan retail yang cukup terkenal di bidangnya. Saat itu keadaan perusahaan masih flat, tidak mengalami peningkatan juga tidak mengalami kemajuan.

Masih segar ingatanku dimana aku dipanggil untuk mengikuti sebuah meeting perusahaan untuk membahas target dan bagaimana nasib perusahaan kedepannya. Kulihat jam di tangan terasa begitu lama bergerak juga muka serius kulihat memenuhi seluruh ruangan. Maklum saat itu meeting dihadiri semua perwakilan devisi termasuk pemilik perusahaan.

Tiba giliranku mengemukakan pendapat. Dengan nada sedikit gugup dan nafas tersengal ku awali pembicaraan mengenai era digital yang mulai berkembang di indonesia (kebetulan saat itu kami belum mempunyai pembahasan serius masalah ini).
Sedikit data lapangan menjadi peganganku untuk mengemukakan apa yang selama ini terpendam. penggalan kalimat yang masih saya ingat saat itu

        "Pak, omset kita akan terjun bebas kalau kita tidak mengikuti trend perkembangan pasar".
Seketika seluruh tatapan mata tertuju padaku. "Maksud kamu gimana" jawab pimpinan perusahaan.
Saya bilang saat itu "Pak, dalam 5 tahun kedepan, bisa jadi mungkin lebih cepat semua orang akan berbelanja di online. Kalau kita tidak serius di masalah ini, bukan tidak mungkin store offline kita akan perlahan tumbang"

Contohlah sekarang orang sudah segalanya gadget, beli ini itu gadget, bahkan beli buah pun sekarang pakai gadget. Tanpa perlu keluar rumah macet dan panas, mereka tinggal pencet2 gadget,transfer nanti barang akan datang sendiri. Bahkan asisten rumah tangga pun mereka berbelanja menggunakan gadget.

Rapat berlalu dan meeting terbatas pun saya lakukan hanya dengan pimpinan sekaligus pemilik perusahaan untuk membahas ini. Kami pun sepakat untuk serius dan membuka devisi yang khusus menangani masalah penjualan online. dan benar, 2016 berlalu hingga kini 2018 hampir berakhir, Marketplace indonesia menjamur dengan segala penawaran menariknya. mulai dari program free ongkir sampai dengan diskon gila-gilaan.

Memang era digital ini ada dua sisi mata uang. kalau kita bisa mengikuti perkembangan maka kita akan bisa terbuka pikirannya. akan tetapi kalau kita melawan arus, bukan tak mungkin kita akan tertinggal dan hancur. di sisi lain bagi mereka yang mau memanfaatkan marketplace ini untuk berjualan maka usaha mereka bukan tak mungkin akan semakin berkembang dan maju. akan tetapi bagi mereka yang cuek dengan hal semacam ini maka bukan tak mungkin pula usahanya akan jauh tertinggal.

Berbicara masalah berjualan online ini kita tidak semata-mata membahas orang kota saja, karna pada kenyataannya bagi mereka orang desa yang pikirannya mau maju dan membuka wawasan, mereka justru bisa lebih mengeksplor skill mereka dengan berjualan produknya di berbagai marketplace ini.
begitupun di sisi pembeli, sekarang sudah sangat banyak orang desa yang juga berbelanja secara online.

Saya ini bukan orang yang dilahirkan dari perkembangan dan kemajuan kota, saya lahir dari sebuah desa di Temanggung Jawa tengah. Dari kecil saya diajarkan untuk mandiri, dan belajar apapun itu.
bisa dibayangkan bagaimana dulu untuk sekedar menyalakan komputer pun aku ga bisa. Tapi satu yang selalu aku ingat "belajarlah apapun itu dengan ikhlas dan bahagia, agar nantinya kamu bisa cepat menangkap apa yang kamu pelajari". Prinsip itu yang selalu aku pegang sampai sekarang akhirnya aku bisa membuka wawasan tentang era digital ini.

Oke, mungkin segitu aja pengalamanku tentang bagaimana menghadapi era digital ini. intinya gini, kita jangan bersikap apatis terhadap sesuatu apalagi bagi pelaku bisnis. tiap hari harus ada hal yang dipelajari dari perkembangan pasar. aku berharap nantinya usaha-usaha di desa akan mampu bersaing dengan usaha yang ada di kota dengan bidangnya masing-masing.

Terakhir, aku mau ngucapin terimakasih banyak untuk marketplace-marketplace di indonesia yang telah memfasilitasiku untuk belajar berjualan online dengan gratis. banyak ilmu dan kemudahan yang saya dapatkan. sampai jumpa di judul blog ku selanjutnya. oh iya, pesan untuk semua ayo manfaatkan era digital ini dengan bijak dan positif demi kemajuan perekonomian bangsa dan kemajuan sdm kita. Cayooo

Bagi kalian yang mau ikutan lomba ini bisa langsung klik aja kesini https://www.bukalapak.com/hari-kemerdekaan-indonesia
Goodluck semuanya..


salam hangat,

EddNgrh_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar